Hotel Griya Dharma Kusuma Mendapatkan Sertifikat Sebagai Hotel Bintang Tiga

BOJONEGORO (Surabayapost.id) – Hotel Griya Dharma Kusuma menerima sertifikat sebagai hotel bintang tiga oleh Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSUP) Debus Mukti Langgeng, Rabu (07/02/18). Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono dan Forpimda Kabupaten Bojonegoro.

Dalam sambutannya Wabup Bojonegoro mengatakan bahwa Griya Dharma Kusuma adalah salah satu milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Ooleh karena itu, Setyo Hartono meminta GDK harus dikelola secara professional.

Kalau itu dikelola secara professional, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan meningkat. Karena menurut Wabup, pada tahun 2017 GDK ditargetkan mendapat PAD sebesar Rp 500 juta. Namun yang didapat jauh dari target yang hanya mendapatkan Rp 19 juta. Maka dengan managemen yang baru, Wabup Bojonegoro meminta agar target tersebut dapat terpenuhi.

“Saya berharap dengan manajemen yang baru dan penuh inovasi, Pemkab akan mensuport kerjasama dengan pihak pariwisata,” pungkas Setyo Hartono.

Ditempat yang sama, Sri Dwiastuti selaku Direktur Utama LSUP mengatakan kriteria hotel yang bisa mendapatkan sertifikat yaitu terkait pelayanan, manajemen, dan fasilitas, sangat menentukan mendapatkan bintang tiga tersebut. Jadi hotel yang berhak mendapatkan bintang tiga harus meliputi ketiga tadi.

“Sebelum kita memberi sertifikat, kami menilai dulu mulai dari fasilitas dan pelayanan itu sendiri. GDK memang layak mendapatkan sertifikat ini,” ujarnya.

Direktur Griya Dharma Kusuma, N Puri Wijaya kepada Surabayapost.id mengatakan bahwa sangat berterima kasih atas diberikannya sertifikat dari lembaga LSUP, karena lembaga tersebut dibawah naungan Kementerian Pariwisata.

Kedepannya, menurut pria asal Surabaya itu, akan berusaha menyediakan fasilitas bagi tamu-tamu yang mempunyai secara fisik kekurangan atau penyandang disabilitas.

“Kami akan menyediakan area khusus para penyandang distabilitas,” ujarnya.

Lebih jauh Mas Puri, panggilan akrabnya, menambahkan bahwa dari segi penilaian hotel yang bisa meraih bintang tiga yaitu harus mendapatkan nilai 550 skor, namun yang didapatkan GDK sebesar 570 skor.

“Alhamdullilah GDK telah melebihi nilai yang ditentukan oleh tim dari lembaga tersebut,” pungkasnya. (Sandi Suswondo)

Leave a Comment