PAD Hanya Rp.19 Juta, Ini Kesalahan Hotel GDK Yang Dulu

Lintasbojonegoro.com – Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) hotel Griya Dharma Kusuma (GDK) pada tahun 2017 lalu cukup memprihatinkan. Dari target sebesar Rp. 500 juta per tahun, GDK hanya mampu memberikan Rp. 19 juta saja.

Tidak tinggal diam, pemkab Bojonegoro kemudian melakukan evaluasi dan perombakan manajemen badan usaha milik daerah (BUMD) itu. Salah satunya dengan mengisi kekosongan direktur utama yang dulu dijabat oleh Endah Emiarti karena telah habis masa jabatannya.

Saat ini GDK memiliki direktur baru yaitu N. Puri Wijaya yang baru menjabat sekitar 3 bulan, per Februari 2018. Untuk tahap awal kepemimpinannya, mas Puri sapaan akrabnya berhasil memperoleh sertifikasi hotel bintang tiga.

Bersamaan dengan penyerahan sertifikat hotel bintang tiga itu, hotel GDK juga melakukan launching food court. Usaha baru tersebut merupakan salah satu strategi bisnis dari hotel GDK yang butuh inovasi baru dalam rangka mengejar target PAD.

Direktur utama hotel GDK N. Puri Wijaya mengatakan, salah satu kelemahan kenapa GDK tidak mampu meraih target PAD adalah dari sisi manajemen. Pihaknya akan berusaha sebaik mungkin memperbaiki sisi internal perusahaan agar mampu menjalankan bisnis secara profesional.

“Kalau dulu kita lihat dari sisi manajemen, ini kita berusaha memperbaiki” kata Mas Puri.

Selain itu, kedepan sinergitas GDK dan pemkab Bojonegoro akan terus ditingkatkan untuk merebut hati calon konsumen. Dengan label hotel bintang tiga, tamu elit bisa diarahkan untuk memilih hotel GDK yang notabene merupakan BUMD.

Mas Puri menyebutkan, untuk memenuhi kriteria hotel bintang tiga tersebut pihaknya menghabiskan dana kurang lebih sekitar Rp. 20 juta. Biaya itu untuk memenuhi kekurangan fasilitas serta pelayanan yang dibutuhkan oleh hotel.

Dia berharap dengan manajemen dan strategi bisnis baru, target PAD tahun 2018 sebesar Rp. 500 juta mampu diraih olehnya.

“Target tetap kita masih berusaha agar mampu capai target tersebut” pungkasnya.

Hotel Griya Dharma Kusuma Mendapatkan Sertifikat Sebagai Hotel Bintang Tiga

BOJONEGORO (Surabayapost.id) – Hotel Griya Dharma Kusuma menerima sertifikat sebagai hotel bintang tiga oleh Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSUP) Debus Mukti Langgeng, Rabu (07/02/18). Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono dan Forpimda Kabupaten Bojonegoro.

Dalam sambutannya Wabup Bojonegoro mengatakan bahwa Griya Dharma Kusuma adalah salah satu milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Ooleh karena itu, Setyo Hartono meminta GDK harus dikelola secara professional.

Kalau itu dikelola secara professional, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan meningkat. Karena menurut Wabup, pada tahun 2017 GDK ditargetkan mendapat PAD sebesar Rp 500 juta. Namun yang didapat jauh dari target yang hanya mendapatkan Rp 19 juta. Maka dengan managemen yang baru, Wabup Bojonegoro meminta agar target tersebut dapat terpenuhi.

“Saya berharap dengan manajemen yang baru dan penuh inovasi, Pemkab akan mensuport kerjasama dengan pihak pariwisata,” pungkas Setyo Hartono.

Ditempat yang sama, Sri Dwiastuti selaku Direktur Utama LSUP mengatakan kriteria hotel yang bisa mendapatkan sertifikat yaitu terkait pelayanan, manajemen, dan fasilitas, sangat menentukan mendapatkan bintang tiga tersebut. Jadi hotel yang berhak mendapatkan bintang tiga harus meliputi ketiga tadi.

“Sebelum kita memberi sertifikat, kami menilai dulu mulai dari fasilitas dan pelayanan itu sendiri. GDK memang layak mendapatkan sertifikat ini,” ujarnya.

Direktur Griya Dharma Kusuma, N Puri Wijaya kepada Surabayapost.id mengatakan bahwa sangat berterima kasih atas diberikannya sertifikat dari lembaga LSUP, karena lembaga tersebut dibawah naungan Kementerian Pariwisata.

Kedepannya, menurut pria asal Surabaya itu, akan berusaha menyediakan fasilitas bagi tamu-tamu yang mempunyai secara fisik kekurangan atau penyandang disabilitas.

“Kami akan menyediakan area khusus para penyandang distabilitas,” ujarnya.

Lebih jauh Mas Puri, panggilan akrabnya, menambahkan bahwa dari segi penilaian hotel yang bisa meraih bintang tiga yaitu harus mendapatkan nilai 550 skor, namun yang didapatkan GDK sebesar 570 skor.

“Alhamdullilah GDK telah melebihi nilai yang ditentukan oleh tim dari lembaga tersebut,” pungkasnya. (Sandi Suswondo)

Jasa Wedding Organizer Profesional di Bojonegoro

GDKHotel.com – Jika saat ini Anda sedang mencari jasa wedding organizer profesional di Bojonegoro maupun sekitarnya, Anda sudah berada di tempat yang tepat. Karena kami dari tim GDK Hotel Bojonegoro siap membantu dalam mensukseskan acara pernikahan Anda.

Wedding atau pernikahan adalah kegiatan sakral yang dilaksanakan ketika dua orang insan manusia berlainan jenis memutuskan untuk hidup bersama dalam ikatan suci yang disebut keluarga. Tentu saja setiap orang yang melangsungkan pernikahan ingin agar acara pernikahannya berjalan dengan lancar dan meriah tentunya. Namun, faktanya banyak sekali kasus di lapangan yang membuat pernikahan impian menjadi berantakan karena tidak adanya orang atau tim yang mengatur segala keperluan yang berhubungan dengan pernikahan seperti catering, rias pengantin, mobil pengantin, dokumentasi foto dan video, hiburan untuk tamu undangan, penataan ruangan dan lain-lain. Jasa wedding organizer profesional di Bojonegoro akan menyediakan semua kebutuhan di atas untuk kelancaran dan kesuksesan acara pesta pernikahan impian Anda.

Jasa Wedding Organizer Profesional di Bojonegoro

Kalau keluarga Anda sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan pesta pernikahan, tentu saja bukan hal yang membingungkan untuk mengurusi segala keperluan pernikahan. Tapi kalau di keluarga Anda baru pertama kali akan melaksanakan pernikahan, kami sangat menyarankan Anda untuk meminta saran atau bantuan dari mereka yang sudah berpengalaman, seperti sahabat, keluarga lain dan sebagainya.

Namun, jika Anda tidak ingin ribet memikirkan tentang segala keperluan pernikahan yang tentu saja bisa dikatakan cukup rumit bagi yang awam. Maka kami sangat menyarankan Anda gunakan saja jasa weeding organizer profesional di Bojonegoro.

Segera hubungi customer service kami di +62353-886100 atau email : info@gdkhotel.com untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang semua layanan yang disediakan oleh jasa wedding organizer profesional kami.

GDK Hotel Bojonegoro, Hotel Berstandart Bintang 3 di Bojonegoro

GDKHotel.comGDK Hotel Bojonegoro atau Griya Dharma Kusuma Bojonegoro adalah hotel di Bojonegoro yang saat ini telah mendapat sertifikasi standart hotel bintang 3. Standart ini bukan hanya asal klaim saja, tetapi berdasarkan hasil survey dan pemantauan tim Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSUP) yang mengacu pada Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor : Km.3/Hk.001/mkp.02 tentang penggolongan kelas hotel. Penilaian yang dilakukan oleh LSUP ini di tiga titik yakni pengelolaan/manajemen, layanan dan produk.

Baca juga : Pemkab Bojonegoro Miliki Hotel Berstandart Bintang 3

Berdasarkan informasi dari Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSUP), untuk menjadi hotel bintang 3, sebuah hotel minimal harus memenuhi 550 score dan GDK Hotel Bojonegoro mampu meraih score 700 lebih. Namun menurut tim sertifikasi, masih ada beberapa hal yang harus dilengkapi salah satunya adalah fasilitas untuk kaum difabel.

Bisa dikatakan saat ini industri perhotelan di Bojonegoro memang sedang berkembang pesat. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan perekonomian di wilayah Bojonegoro yang meningkat ke arah yang lebih baik.

GDK Hotel Bojonegoro, Hotel Berstandart Bintang 3 di Bojonegoro

GDK Hotel Bojonegoro menawarkan beberapa layanan bisa Anda nikmati, diantaranya adalah pemesanan kamar hotel dengan harga terjangkau. Tipe kamar yang disediakan oleh GDK Hotel Bojonegoro antara lain : VIP Room, Deluxe Room, Superior Room (Double Bed) dan Superior Room (Twin Bed). Lebih lengkapnya, silahkan Anda cek di halaman ini : Tipe Kamar GDK Hotel Bojonegoro

Selain melayani pemesanan kamar hotel dengan aneka macam fasilitas tambahannya dan harga yang sangat terjangkau, GDK Hotel Bojonegoro juga menyediakan Convention yaitu La Ben’zo Cafe dan Meeting Room. 

La Ben’zo Cafe menyediakan berbagai masakan Chinese, Eropa dan masakan khas Indonesia. Sangat cocok untuk sarapan/makan pagi, makan siang dan makan malam. Selain itu, La Ben’zo Cafe juga menyediakan free hotspot yang bisa Anda gunakan untuk browsing internet dengan kecepatan sebesar 100 Mbps. Tentunya Anda bisa gunakan fasilitas ini untuk membuka media sosial, mengerjakan job maupun projek Anda dan lain-lain.

Selain La Ben’zo Cafe, untuk layanan Convention GDK Hotel Bojonegoro juga menyediakan Meeting Room yang sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai rapat internal perusahaan, seminar, pelatihan-pelatihan, acara ulang tahun, acara pernikahan dan lain-lain.

Ada 3 jenis Meeting Room yang dapat Anda gunakan :

  • Meliwis Mukti Hall (kapasitas maksimal 200 orang)
  • Sekar Jati Meeting Room (kapasitas maksimal 40 orang)
  • Sekar Rinambat Meeting Room (kapasitas maksimal 30 orang)

Layanan dari GDK Hotel Bojonegoro yang berikutnya adalah BDS (Business Development Services) yang memiliki layanan seperti : GDK Food Court, Event Organizer dan Travel & Ticket Agency

Jadi jika And membutuhkan jasa event organizer untuk acara pernikahan, acara ulang tahun, acara seminar, acara pelatihan dan lain-lain. Tim dari GDK Hotel Bojonegoro siap untuk membantu Anda mensukseskan acara sebagai event organizer di Bojonegoro khususnya.

Di bagian Travel & Ticket Agency, GDK Hotel Bojonegoro melayani penyediaan travel untuk kelancaran perjalanan Anda selama di Bojonegoro, juga melayani pembelian tiket (pesawat, kereta, bus). Jadi ketika Anda menginap di GDK Hotel Bojonegoro, kini tidak perlu khawatir lagi dengan urusan travel dan pembelian tiket perjalanan Anda.

Segera hubungi customer service kami di +62353-886100 atau email : info@gdkhotel.com untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang semua layanan yang disediakan oleh hotel bintang 3 di Bojonegoro, yaitu GDK (Griya Dharma Kusuma) Hotel Bojonegoro.

Pemkab Bojonegoro Miliki Hotel Berstandart Bintang 3

GDKHotel.com – Perkembangan sektor jasa di Bojonegoro menunjukkan perkembangan yang positif diantaranya makin bertambahnya jumlah jasa penginapan di Bojonegoro. Salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten Bojonegoro kini menjadi hotel bintang 3. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur GDK, Puri Widjaja ketika dikonfirmasi Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Jum’at (12/01/2018) pagi tadi.

“Griya Dharma Kusuma (GDK) menjadi hotel bintang tiga.” terang Puri.

Menurut Puri, mengacu pada Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor: Km.3/Hk.001/mkp.02 tentang penggolongan kelas hotel. Pada 10 Januari 2018 lalu, Tim Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata melakukan survey dan pemantauan di Griya Dharma Kusuma (GDK).

Lembaga Sertifikasi Usaha Bidang Pariwisata (LSU) diharapkan mendorong dipenuhinya standar usaha dan peningkatkan kualitas layanan pelaku usaha di sektor pariwisata dimana tim ini terdiri dari berbagai pihak salah satunya adalah komite akreditasi nasional. Penilaian yang dilakukan oleh LSUP ini ditiga titik yakni pengelolaan atau manajemen, layanan dan produk.

“Setelah verifikasi oleh tim, diputuskan bahwa BUMD GDK menjadi hotel bintang 3 di Bojonegoro.” jelas Puri.

Lebih lanjut Puri mengungkapkan, untuk menjadi hotel bintang 3 minimal harus memenuhi 550 score dan GDK mampu meraih score 700 lebih, namun, ada beberapa hal yang harus dilengkapi salah satunya adalah fasilitas untuk kaum difabel.

“Beberapa fasilitas di GDK sudah ada namun khusus di pintu masuk utama belum ada fasilitas khusus kaum disabilitas.” lanjut Puri.

Baca juga : GDK Hotel Bojonegoro, Hotel Berstandart Bintang 3 di Bojonegoro

Ditambahkan Puri, dengan adanya peningkatan status GDK menjadi hotel bintang 3 ini, pihaknya telah melakukan beberapa pembenahan, salah satunya penataan tata kelola manajemen perhotelan yang memenuhi standart hotel bintang 3. Tak hanya itu untuk memenuhi akupansi atau hunian kamar pihaknya melakukan beberapa upaya mulai aktif melakukan promosi dan lain sebagainya.

Hal lainnya jika selama ini GDK hanya menyediakan tempat bermalam kini melebarkan sayap menjadi beberapa sektor antara lain convention untuk umum, foodcourt, travel agent, ticketing dan Event Organizer (EO) bahkan penyediaan transportasi untuk tamu pun kini mereka sediakan secara lengkap.

“Jika dulu kami fokus hanya penginapan maka kini, GDK, sudah merambah dibeberapa sektor yang memang menjadi kebutuhan dari para tamu. Ibaratnya kemudahan layanan dan fasilitas lain memang kita sediakan agar mereka atau tamu menjadi lebih nyaman.” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini Puri mengatakan bahwa GDK memiliki 42 room yang terdiri dari 3 kamar VIP, 5 kamar Deluxe dan 34 kamar superior. “Semoga ditahun 2018 ini iklim bagi dunia usaha perhotelan di Bojonegoro lebih menjanjikan jika dibandingkan tahun 2017 lalu.” harapnya. (*Oleh Mulyanto)